Wisata Edukasi

SABILURRASYAD BOARDING SCHOOL WISATA EDUKASI KE BPTIKP JATENG

20151221_110203

Proses belajar mengajar yang dicanangkan oleh pemerintah dan tertuang dalam kurikulum tentunya tidak diartikan secara tekstual belaka, yaitu hanya dalam bentuk penyampaian dari nara sumber dalam hal ini guru sebagai pengajar kepada siswa sebagai subjek yang diajar, secara kontinyu atau berkala melelui metode lisan maupun tulisan dengan menggunakan berbagai sumber belajar. Namun, proses belajar juga meliputi proses pengamatan langsung kepada objek-objek yang berkaitan dengan bahan pengajaran yang dapat dilihat atau ditemui hal-hal yang bersumber dari lingkungan sekitaryang diformulasikan menjadi teori dan bidang-bidang ilmu. Sementara tujuan pembelajaran sendiri adalah selain memberi pemahaman dan keterampilan juga menanamkan pengalaman-pengalaman yang berarti dan dapat dijadikan dasar pemikiran serta perilaku baik dimasa sekarang maupun yang akan datang bagi siswa didiknya.

Untuk mencapai pengalaman belajar yang mengesankan, tentunya siswa juga diajak untuk melihat dan berinteraksi langsung dengan objek-objek yang menjadi salah satu bagian bahan ajar yang mereka pelajari di sekolah, tidak melulu hanya melihat buku pelajaran. Dalam hal ini, sesekali siswa diajak bepergian untuk meneliti dan mengamati sesuatu sesuai dengan pelajaran yang dipelajari sambil berwisata.

Untuk mewujudkan itu semua, salah satu program Yayasan Pendidikan Amana Sabilurrasyad adalah mengadakan kegiatan Studi Tour atau Studi Wisata. Kegiatan studi tour ini diikuti oleh 98 santri Pondok Pesantren Sabilurrasyad atau peserta didik SMP dan SMK Sabilurrasyad ke sebuah objek  yang berkaitan dengan pelajaran TIK khususnya. Untuk Tahun Pelajaran 2015/2016 ini.

Sebagai bahan laporan siswa/ Santri kepada pihak Yayasan, siswa yang sudah dibagi kelompok diwajibkan menyampaikan laporan kegiatan Studi Tour secara tertulis dalam bentuk Karya Tulis Ilmiah.

TUJUAN KEGIATAN

  1. Memperkenalkan siswa kepada Pembelajaran TIK Modern di BP TIKP Provinsi Jateng dan keterkaitannya dengan pelajaran TIK.
  2. Mengajak siswa mengamati dan meneliti objek yang berkaitan dengan pembelajaran TIK.
  3. Melakukan proses belajar mengajar melalui metode langsung berupa pengamatan langsung terhadap objek atau sumber belajar.
  4. Menciptakan kondisi dan nuansa belajar yang lain dari biasanya berlangsung di sekolah.
  5. Mengajarkan siswa untuk berinteraksi langsung pada lingkungan sebagai sumber belajar.

HASIL WISATA EDUKASI DARI BPTIKP JATENG:

  1. Siswa siswi mengetahui dahsyatnya isi langit dan bumi, karena disana disuguhkan live video planet dan isinya di wahana luar angkasa. hal ini dapat menambahkan keimananan siswa siswi Sabilurrasyad akan keagungan Allah dan menambah wawasan siswa siswi tentang luasnya ilmu pengetahuan
  2. siswa siswi mengenal dan menggunakan digital library, yang nantinya juga akan dimiliki Sabilurrasyad Boarding School
  3. siswa siswi mengenal lebih luas dan dalam mengenai penggunaan teropong

    .

20151221_095758

*AR

Advertisements

One thought on “Wisata Edukasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s